Ya Kun Kaya, Another Taste of Jam in Singapore

Pas backpackeran ke Singapura bulan April lalu, gue diberi oleh-oleh ama temen gue, si Anghong. Jujur aja, gue sendiri masih bingung bawa oleh-oleh apa ke Indonesia, paling ujung-ujungnya coklat bentuk Merlion, cuma gue rasa ga terlalu menarik.

Pas gue keliling Singapura, Anghong sempet nunjukin satu toko di Esplanade yang menjual aneka roti dan selai. Nama tokonya itu Ya Kun ( link web : http://www.yakun.com/story.asp). Anghong dengan semangat nunjukin selai yang katanya asli Singapura dan enakkk banget.

Nama selainya Ya Kun Kaya, dikemas di botol kaca, katanya itu rasanya manis, ada rasa-rasa telor gitu. Pikiran gue lagi abstrak banget, jadi ga kebayang gimana rasanya. hehe. Waktu itu, gue diem2 mau cari harganya di etalase,, eh sialnya harganya ga dicantumin.. T_T so, gue ngeloyor pergi aja..

Lucky me! Pas hari terakhir trip gue, gue dan ketiga kawan Backapacker farewell bareng Anghong beserta pacarnya, Wei wei. Ternyata, mereka ngasi gue dan temen2 gue masing-masing 1 botol selai Ya Kun Kaya, yey!

Sedikit ga enak juga dikasi mereka, takut terlihat gue pengen beli tapi ga mampu, hehe. tapi rejeki kan ga boleh ditolak.. hihi. Dengan senang hati, gue dkk menerima selai Ya Kun Kaya itu.

Anghong juga berpesan kalo sampai di rumah, langsung dimasukin ke kulkas, dan tetap disimpan ke kulkas, jangan sampe dibiarin tanpa pendingin. terus jangan sampe dibuka dulu selainya sampe nyampe rumah. , banyak petuahnya nih. hehe/.

Balik ke Indonesia, gue langsung buru-buru buka selai itu, ambil roti tawar, diolesin, langsung hap! nyam2..

hmmm.. kesan pertama makan roti ama selai Ya Kun Kaya, sedikit aneh. rasanya manis, tapi memang kerasa ky ada telor-telor gitu ditambah ada sedikit rasa-rasa kelapa. gigitan pertama masih aneh, pas gigitan kedua, ketiga dst.. ternyata enak! wow.. it’s kind of different that the other jam, biasanya kan selai yg gue makan ga jauh-jauh dar coklat, kacang, stoberi, dll.

Bahan dasarnya itu telur (bener kan!),gula, coconut milk, dan pandan. Menurut infoyang tertera sih, no preservatives, no artificial flavoring, dan no artificial colouring. 1 botolnya itu 290 gram. Setelah googling-googling cari harga, gue ga tau bener ato engga ternyata harganya $4,20.

Psst, pertama gue dapet selai ini, gue bilangnya ke temen bekpeker gue, kalo selai ini harganya Rp 300.000 per botol! hohoho. ngarang banget ya gue.. mana temen gue percaya2 aja lagi. ;p

Tahmid : “ihh ya ampunn si Anghong baik amat yahhh… ^^”. dia malah ngerasa ga enak dibeliin selai mahal.

makanya dipikir-pikir kalo emang harganya segitu, waktu itu kan anghong belinya 5 botol, berarti total 1,5 juta rupiah donk! hahaha, lebay deh gue..

Toko Ya Kun ini tersebar di 35 gerai yang ada di penjuru Singapura, salah satunyadi Esplanade, Bugis Junction, Takashimaya, Anchor Point, bahkan Changi Airport. So kalo ga sempet beli di kota, ya bisa beli di Bandara!

Selain itu, Ya Kun juga udah ngebuka gerai internasionalnya, yaitu di Korea Selatan, Taiwan, Jepang, Filipina, Vietnam, dan Indonesia!

Setelah googling-googling, ternyata gerai Ya Kun ada di Mall Pondok Indah 2. Gue jadi penasaran sama cafenya yang jual kopi dan toast yang konon katanya enak. Kapan-kapan nyoba aahh.. 😀