Makanan Pesawat dari 9 Maskapai Berbeda, Kamu Suka yang Mana?

Sebagai seorang Student Traveler, gue selalu memperhatikan setiap detail perjalanan gue, termasuk makanan-nya! Kalau pergi ke suatu negara baru, kita pasti pengen nyobain makanannya, sama halnya kalau kita naik pesawat. Setiap perjalanan internasional dengan menggunakan pesawat Full Board biasanya penumpang diberikan meals atau makanan.

Meski porsi makanannya engga sebesar porsi normal (normal versi saya, ihik), makanan pesawat itu rasanya enak dan unik loh! Dan tentunya Halal, hampir semua maskapai asing sudah memahami konsep makanan Halal, jadi mereka pun menyediakan fasilitas untuk memilih jenis makanan, seperti Vegetarian, Halal, Kosher (halal-nya orang Yahudi), hingga Gluten Free.

Makanan pesawat biasanya disajikan dalam satu baki berisi satu hot meal (makanan utama yang disajikan panas), appetizer (berupa salad dingin atau lauk ringan), Dessert (buah atau cake atau pudding), air mineral dalam bentuk gelas yang ukurannya setengah dari aqua gelas, dan roti bun dengan butter/selai buah. Setiap kali pesawat, momen yang paling dinantikan adalah datangnya pramugari ke kursi saya dan memberikan satu baki berisi makanan. Itulah kenikmatan yang hakiki saat berada di pesawat. Hehehe.

Alhamdulilah traveling ke 31 negara, gue sempat mencicipi beberapa maskapai penerbangan yang menyuguhkan aneka makanan lezat dan selalu bikin ngangenin. Karena apa artinya jalan-jalan kalau kita tidak mengisi perut dengan makanan enak! Nah, pengen tau kayak apa  makanan pesawat yang pernah saya icip? Simak makanan enak dari 9 maskapai yang pernah saya naiki!

  1. Lufthansa

Maskapai milik Jerman ini saya naiki pada tahun 2010, waktu saya memenangkan kompetisi Bayer Young Environmental Envoy bersama Ecofunopoly. Dan itu pertama kalinya saya ke Eropa dan melakukan perjalanan sangat jauh! 13 jam di pesawat!

Peerjalanan dilakukan dini hari, pagi harinya kami dapat breakfast meals. Voila.. Menu yang saya dapat itu omelet dan kentang rebus, tipikal western breakfast. Rasanya lumayan, meski bumbunya engga sekuat bumbu Asia.

Lufthansa

 

  1. KLM

Tahun 2013 ketika mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus, saya kembali lagi ke Jerman untuk studi di Goettingen. Pesawat yang saya naiki itu KLM. Wah! KLM adalah pesawat milik Belanda dengan logo mahkota warna biru. Rute perjalanan saya itu dari Jakarta – Kuala Lumpur – Amsterdam – Hannover. Dan saya mendapat makan 4 kali! Hahaha.

Waktu naik pesawat dari Jakarta –KL, menunya nasi lemak, sumpah enak banget!

Terus dari KL ke Amsterdam, saya dapet makan lagi dua kali, dinner dan sarapan. Untuk menu sarapannya ada sosis, omelet, dan hash brown. Lagi lagi tipikal Western!

KLM

I Love Hash Brown!

 

  1. Thai Airways

Waktu traveling ke Myanmar untuk project Ecofun Go! ASEAN, saya memilih Thai Airways. Penasaran banget nyobain makanan Thai Airways. Penasaran? Ini nih meals yang saya dapat:

Thai Airways

Nasi, Omelet, dan Sayur buncis wortel bumbu balado. Yummy! Udah gitu, dessertnya enak lagi, tiramisu cake!

  1. Malaysia Airlines

Waktu pergi ke Aussie untuk ikutan program Australia ASEAN Emerging Leaders Program, perjalanan pulang dari Sydney ke Jakarta menggunakan Malaysia Airlines. Sebelum dan sesudah tragedi MH beberapa tahun lalu, saya gak pernah naik Malaysia Airlines. Sempet deg-degan juga sih, tapi alhamdulilah perjalanan lancar. Makanannya juga tidak mengecewakan! Saya pernah dapat menu nasi, ayam teriyaki, dan sayur.

maxresdefault

 

  1. Philippines Airlines

Terbang ke Filipina pertama kali beberapa bulan lalu, saya memutuskan untuk naik Philippines Airlines. Meski rada mengecewakan pas tau ga ada in flight entertainment-nya, untung makanannya masih enak dan berbumbu rempah. Meals saya itu nasi ayam dan sayur sawi.

085

Sumber: Google (maaf, gak sempet foto, hehehe)

 

  1. Emirates

Pesawat milik United Emirat Arab ini juga terkenal dengan fasilitas-nya yang mantap, termasuk makanannya. Perjalanan saya ke Jerman yang ketiga kalinya dalam misi mengenalkan Ecofunopoly, saya naik Emirates rute Jakarta – Dubai – Frankfurt. Di dalam pesawat, saya disuguhi dada ayam berbumbu dengan mashed potato. Kerennya, mereka juga menawarkan mie instan dalam cup (kayak popmie) kalau kita masih lapar. Puas deh dengan servicenya Emirates!

Emirates

  1. Saudia Airlines

Waktu mendapat undangan dari Pangeran Arab untuk menghadiri MiSK Global Forum di Riyadh, pesawat yang saya naiki tentu milik dari kerajaan, Saudia Airlines. Tidak Cuma makanan yang terjamin halal 100%, tapi rasanya cocok banget untuk lidah orang Indonesia! Mungkin pesawat ini sudah cukup sering membawa penumpang Indonesia untuk Haji dan Umroh, makanya makanannya disesuaikan dengan lidah kita. Menu makanan yang saya dapat dari Saudia Airlines itu nasi kuning dan daging sapi balado. Ya Allah enak buanget! Dimakan pas jam makan siang, jadi maknyus.

Saudia Airlines

  1. AirAsia

AirAsia bukanlah pesawat Full Board, melainkan Low Cost Carrier, jadi mereka tidak menyediakan fasilitas makanan, kecuali kita beli sendiri. Saya sudah sering naik AirAsia, dan mereka juga menawarkan pembelian hot meals selama di pesawat. Menu yang pernah saya lihat itu Nasi Lemak (nasi khas Malaysia rasanya seperti nasi uduk, dengan ikan teri balado dan daging rending), harganya 50 ribu rupiah. Mahal sih, tapi rasanya enak kok, apalagi untuk penyuka nasi lemak seperti saya.

Airasia

  1. Garuda Indonesia

Nah, ini masakan the best of the best! Kebanyakan perjalanan gue menggunakan pesawat Garuda, baik domestic maupun internasional. Emang dasarnya lidah gue Indonesia banget, jadi cocok banget sama makanan Garuda. Waktu naik perjalanan domestic dari Tanjung Pinang ke Jakarta, saya dapet nasi goreng pake ayam tepung cabe ijo (waktu itu masih pagi), duh rasanya maknyus. Trus perjalanan dari Jakarta ke Palu, menunya nasi dan ikan balado, plus dikasi saus sambal lagi! (Tau banget ya Garuda kalo orang Indonesia harus makan pake sambel).Penerbangan ke luar negeri juga ga kalah kece, waktu trip ke Tokyo, saya dapat menu Mie Hong Kong yang lezat banget!

Garuda Indonesia (Palu)

Nasi + Ikan + Sawi (Menu dari Jakarta ke Palu)

Garuda Indonesia (Tg Pinang)

Nasi Goreng + Ayam Cabe Ijo (Menu Tanjung Pinang ke Jakarta)

Meski makanan pesawat enak-enak, mereka semua punya satu kekurangan: Kurang Banyak! Hahaha. Apa makanan pesawat favorit kamu? Silahkan share di comment ya!

Baca cerita seru jalan-jalan gratis saya keliling 31 negara  di buku Student Traveler. Tersedia di toko buku terdekat! Kesulitan cari bukunya? Pesan online aja di link ini!