Antara Singapura dan Malaysia

– 8 April 2011 –

Hari ke-3 backpacker adalah hari dimana gue, Nisty,Tahmid, dan Denda menjelajahi Kuala Lumpur.

Kunjungan kita ke Malaysia hanya 1 hari doank,jadi sampai Malaysia pagi, pulang malam harinya. Gue sendiri merasa kita sedikit nekat pergi ke Kuala lumpur pada hari itu. Budget terbatas ketika kita tau harga tiket yg dibudgetin sebesar 34 SGD dikira untuk pulang pergi, Ternyata itu hanya untuk one way!!!
Lemes rasanya pas denger itu Dr bapak2 baik yg jual tiket di stasiun kereta s’pore. Mana budget kita pas2an deuih.. Akhirnyaa… dengan pertimbangan yang cukup panjang, kita memutuskan untuk beli 4 tiket kereta one way aja saat itu. Nekat aja lah.. Dan gue udah disarankan untuk beli tiket pulang pas di KL aja karenA harganya
50% lebih murah dibanding beli di s’pore.  So, we decided to buy in KL. FYI, kita juga bisa cek dlu apa masih ada tiket kereta Dr KL ke S’pore di Singapore train station kita belinya di KL nanti. And oh my god tiket pulang buat keesokan harinya udah Sold out! So kita
udah ga ada harapan buat pulang naik kereta. Slain kereta, ada alternatif transportasi lain yaitu bus. Konon katanya sih bus lebih oke punya dibanding kereta. Tapi berhubung gue sangat suka naik kereta, gue memutuskan untuk brangkt naik kereta aja, Hehe. Temen2 gue jg ngikut ajah ama gue. Habis beli tiket kereta ke KL, gue cepat SMS Haneesa, kawan dari Malaysia yang bersedia buat ngeguidein 4 anak autis tanpa dibayar. Hehehe. Gue deg2an bgt kalo kita ga bisa balik ke s’pore. Eh ya Gue ketemu Haneesa itu waktu fieldtrip di Jerman. 😉 gue minta tolong untuk cariin jadwal bus malam disana, gue juga minta booking Kalo bisa. Ga lama balesan SMS dtg (untung SIM Card Singapore bisa SMS ke luar negeri dngan biaya lumayan murah). Ternyata ada bus malam sekitar jam 11an, tapi sayang dia ga bisa booking buat kita karena booking harus pake credit Card atau bayar langsung di terminal bus Bandar Tasik Selatan. Haneesa ga ada credit card dan bandar tasik selatan? Weleh dimana pula itu, terminal bus pulo gadung aja gue msh ga tau dimana itu tempatnya, yaudah pasti ada cara buat bisa kesana. Harus yakin!

Our train depart at 10.30 PM on April 7th.

Sehabis makan malam di Lau Pa Sat (Hawker Food di Singapura) sekitar jam 9.30an, kita buru2 ngibrit2 ke Tanjong Pagar Railway Station. Sesampai di stasiun, kita ngantri buat pengecekan di Imigrasi. Nah ini nih yg suka bikin deg2an, as foreigner kita diberi kartu imigrasi. Dengan tenang gue mengisi, temen2 gue akan ngisi setelah gue beres ngisi. Gue sempet kebingungan pas ada pertanyaan address in Malaysia. Sebenarnya gue pengen ngosongin isian itu dan bilang ke petugas imigrasi Kalo kita hanya trip sehari. Tapi sepertinya tidak akan menyelesaikan masalah, alhasil gue tulis aja, “Asrama UPM, Serdang, Malaysia” itu asrama tempat gue pernah stay waktu dua tahun lalu pas ikutan Conference di Malaysia, hehehe.. Lagian sapa juga univ yang mau pngasi tumpangan ke kita. Gue suruh temen gue buat isi hal yang sama.

dan diakhiri dengan membaca basmalah.. Semoga bisa lewat imigrasi. Gue pun pertama masuk ke imigrasi, paspor dicek, kartu imigrasi dicek.. Petugasnya itu ibu2 yg agak sangar . Gue ditanya beberapa pertanyaan dan ga lama gue bisa lewat,, alhamdulilah.. Gue dapet cap. Gue tgl berdoa buat temen2 gue, pas gue berdiri sekitar 2 meter Dr loket imigrasi dengan niat nunggu, gue ditegur ama petugas lain untuk terus jalan. Gue baru sadar
tempat gue berdiri itu ga boleh buat nunggu. Hehe.. Gue pun jalan sampe depan kereta sampai temen gue datang, alhamdulilah Mrk juga lancar lewatin imigrasi. Langsung kita naik kereta. Kereta yang kita naiki bernama Ekspress Senandung Sutera.

Ada banyak nama-nama kereta tergantung pada waktu keberangkatan dan tujuan, semua berawalan Ekspress.

Ada kereta Ekspress Sinaran Selatan, Ekspress Senandung Mutiara, Ekspress Senandung Langkawi, dll. Semua kereta ini menghubungkan tiga negara : Singapura – Malaysia – Thailand. Gue recommend banget buat kalian-kalian yang ingin menjadi backpacker untuk ngerasain kereta ini. Feelnya beda loh karena naik kereta untuk melintasi negara yang berbeda, bukan kota atau provinsi lagi, hehehe. Info lebih lanjut seputar harga dan rute bisa dilihat di : http://travelmalaysiaguide.com/ktm-train-timetable-and-fare/ atau http://www.ktmb.com.my/ atau juga http://www.seat61.com/Malaysia.htm. Semua info lengkap banget disini! 🙂

Untuk Senandung Sutera, kereta yang kita naiki, ada dua tipe seat yang bisa kita pilih dari kereta malam ini, pertama Sleeper train yaitu penumpangnya diberi tempat tidur selama perjalanan.Harga tiketnya sebesar 46 SGD. (untuk konversi : 1 SGD = 7000 rupiah). Kedua Seat train yaitu penumpangnya hanya Dapet kursi dan tidur disitu selama 8 jam. Hehe.. Harganya lebih murah 12 SGD dibanding Sleeper train yaitu 34 SGD.

Kalian pasti tau kan kita pilih yang mana? So far keretanya not bad lah, cukup nyaman buat dipake tidur. Setelah nemu Seat, kita langsung menunaikan ibadah solat magrib dan isya. Dan kereta pun berangkat,…. Saat itu gue memilih buat ga tidur dulu karena sekitar setengah jam lagi kita akan mAsuk ke imigrasi Malaysia. Kita berempat cengar-cengir liat paspor masing2 karena cap kita nambah, berasa anak kecil deh, Seneng Dapet cap.. Hehe..

Setengah jam kemudian sampailah kita di
perbatasan Singapore-Malaysia yaitu di Johor Baru. Kita disuruh turun ama petugas kereta untuk keluar dari kereta untuk pengecekan imigrasi. Alhamdulilah urusan imigrasi disini lancar. Tapi nyari jalan keluar dari kantor imigrasi cukup susah. Gue ama Tahmid Sempet ngikutin 2 ibu-ibu chinese yang hobi ngerumpi dengan harapan bisa dapet jalan keluar, eh Ternyata kita malah masuk ke toilet. Si ibu2 rumpi kebelet pipis. Hehe alhasil gue ama Tahmid cari jalan sendiri. Setelah sampai ke ruang exit. Penumpang kereta ditahan dulu di ruang itu dan belum boleh masuk kereta. Sumpah bete bgt saat itu. Mana ga disediain kursi, kita disuruh berdiri hampir setengah jam! Well berhubung gue ga kuat berdiri terus, gue pun duduk santai di lantai di tengah2 kerumunan orang2 yang berdiri.

Tahmid : “ayo nis biar kita jadi trendsetter, biar yang lain ikutan duduk”

Gue (bodohnya) bilang ke Tahmid : “Wow good Idea! Kita bs jadi trendsetter”

Hingga 10 menit kemudian, ga ada satupun yang duduk di lantai kecuali kita.

Ga lama kita duduk, he pintu menuju kereta pun udah di buka, so ga perlu ada yang berdiri lagi, Hasshh. Memasuki kereta, gue langsung bersiap2 untuk mengeluarkan senjata pamungkas gue buat tidur selama backpacker. Dialah sarung bapak gue! Gue lega akhirnya gue bisa tidur dengan tenang sampai nyampe di KL, 🙂 mata gue mulai terpejam sambil membalut diri dengan sarung, nyem.. nyem.. kereta pun berangkat,

Ternyata setelah imigrasi, kereta berhenti di stasiun Johor Baru buat ngambil penumpang. Karena rame bgt, Alhasil mata gue melek lagi. Orang2 berbondong2 masuk kereta sambil cari nomor Seat, tiba-tiba ada satu ibu-ibu datengin seat Tahmid dan bilang seat dia itu yang didudukinya Tahmid. Si Tahmid (untungnya) secara sopan kalau Seat ini sesuai dengan yang ada di tiketnya.

Gue nisty dan denda jadi sedikit bingung kok bisa bentrok gitu nomor seatnya.

Si ibu itu dengan tenang bilang, ” kalian dapat kelas berapa? Saya gerbong  2, disini gerbong 2″*dengan aksen melayu

Pas denger itu, buru- buru kita cek tiket, oh my god Ternyata kita gerbong 3!! hahaha. Kita langsung minta maaf ke ibu itu karena ga tau Kalo Ternyata ada pembagian kelas lagi, buru2 kita ambil barang2 buat pindah. Hassh, mana gue masih pake sarung abapak gue, karena kereta udah mau berangkat gue jalan menuju kelas 3 sambil pake sarung. Gue kaya habis sunatan, hahaha.. Dengan sedikit malu, kita lari cepet2 ke gerbong 3, Ternyata interiornya sama ama gerbong 2. Hehehe.. Kita ga berenti ngakak2 pas tau kita duduk di Seat yang salah, he. Disini gue bisa yakin kalo gue udah bisa tidur dengan tenang sampe KL dengan sarung bapak gue.

Nyam.. Nyam..

See u in KL..

Gue dan Nisty di Kereta Senandung Malam

<To be continued>

  • sip… sip.. ceritanya,,,

  • mimil

    mba kalo dari singapore ke malaysia keretanya apa ya? terus kita kestasiun kereta mana dari singapore ?
    kalo nginapnya di orchard kira” jauh ngga ke stasiunnya?

  • Nina

    Mba Nisa..mau donk advice nya hehe..sama temen2 kantor rencana pengen backpacking an dari jog-sing-kul 3d 2n aja. Minta saran donk rute nya yg oke kmana aja..tks bgt yah