From Blog to a Book

 

“The best way to predict the future is to create it” – Abraham Lincoln

 

Pada tahun 2008, pertama kalinya saya membuat blog di situs wordpress. Awalnya saya membuat blog ini dengan tujuan untuk mencurahkan isi hati tentang lika liku kuliah S1 yang begitu banyak tugas. Tidak pernah terlintas saat itu bahwa saya ingin membuat sesuatu yang lebih dari hasil menulis blog.

As time goes by, I travelled to many places, I went to many events, I met a lot of inspiring people, I read a lot of books, it changes my perception to my personal blog. I think, I should write something useful, hopefully inspiring to others who read it, that’s what I thought.

Saya langsung berubah haluan dengan menulis banyak cerita perjalanan saya sewaktu mahasiswa baik dalam negeri maupun keluar negeri. Saya mulai menulis tentang pengalaman pertama kali ke Eropa yang penuh dengan lika-liku, perjalanan pertama ke Cina, mendaki gunung pertama kalinya, perjalanan pertama ke Korea, semuanya perjalanan pertama kali keluar negeri. Ternyata menulis tentang perjalanan (traveling) itu menarik. Saya mulai ketagihan sejak saat itu. Ditambah lagi, ketika orang menaruh komentar positif, dan bilang kalau tulisan saya memberi info bagi mereka, dan bilang ‘nice post’. Itu seperti suntikan semangat bagi saya untuk terus menulis. 🙂

Ternyata ada banyak penulis-penulis yang memulai dari blog, seperti Trinity dan Raditya Dika. Saya baca seluruh buku mereka, oh ternyata tulisan mereka juga bergaya ‘santai’ dan ‘apa adanya’, tapi tetap bermakna.

Muncul di benak saya sesaat, ‘I want to write a book‘.

But, can I?

Saya urungkan niat saya, tetapi tetap menulis di blog pribadi.

Kekuatan Yang Maha Kuasa ternyata menjawab pertanyaan saya. Sebagai manusia, saya tidak bisa memprediksi saya akan bertemu dengan siapa di masa depan.

Hingga sebuah momen yang mempertemukan saya dengan seorang kawan lama dari penerbit Penebar Swadaya.

maybe this is the time..” I think.

“Saya ingin nulis buku dan saya punya blog mas, isinya tentang traveling, ini alamat blog saya.. kira-kira bisa ga ya dibuat jadi buku?” tanya saya, to the point (pake nyengir dikit).

Tidak disangka, kalimat yang saya lontarkan di atas mengubah mimpi saya menjadi kenyataan.

Berbekal naskah hasil nulis blog yang saya kirimkan awal tahun 2015 (secara iseng) ke Penerbit, naskah yang saya kirimkan itu bertema traveling ala student traveler dengan biaya gratis ke 21 negara.

Sempat tidak ada kabar berbulan-bulan tentang nasib naskah saya, lalu setelah saya menikah, dan beberapa hari sebelum lebaran, saya mendapat info..

“naskah-mu jadi diterbitkan..”

Subhanallah, Alhamdulilah. Speechless. ‘Investasi’ saya bertahun-tahun menulis blog ternyata berbuah manis.

Kirim naskah iseng-iseng ternyata berbuah manis juga.

so, I would like to announce that I’m going to publish a book! 

TITLE?

‘Student Traveler’.

 

Insha Allah buku akan diterbitkan pertengahan bulan September. Sinopsis buku akan di-info-kan menyusul ya.

Ceritanya dijamin seru! (Bahasa promosi banget, haha). Saya mau kasih spoiler Cover depannya… Voila!

Cover Depan Student Traveler

HARGA?

ONLY Rp 50,000

DIMANA BELI?

Gramedia, Gunung Agung, Online Shop Penebar Swadaya dan toko buku lainnya. Untuk Pre-order, bisa langsung pesan ke saya via email annisa.arl44@gmail.com atau sms 087873317079.

Penasaran? Yuk, jalan-jalan bareng buku ‘Student Traveler’! Nantikan bukunya di toko buku terdekat!

 

 

  • Kholis Ilkom 45

    Mantep mbak, semoga bukunya bisa menginspirasi bnyak orang.

    • ceritadarikotahujan

      amiiin, terima kasih Kholis!

    • terima kasih Kholis! amiiin

  • intaanpurnamasarii

    Salam kenal mbak nisa, saya Intan mahasiswi apoteker, saya udah baca buku Studler nya mbak nisa, bagus pisaaan, rasanya kayak jalan jalan lgsg keluar negeri, sgt menginspirasi, jadi kepengen ngeblog lagi setelah bbrp dekade gak pernah ngeblog lagi hehe. Nice book mbak, good job 🙂

    • Halo mbak Intan, waah terima kasih ya sudah baca buku saya,, ayo mbak nulis! siapa tau nanti bisa nerbitin buku juga 😀