Kenali dunia Pokemon sebelum main Pokemon Go!

Saat ini, orang-orang sedang heboh dengan hadirnya game Pokemon Go. Mungkin bisa saya sebut sebagai game kekinian, tidak sedikit juga yang terheran-heran, “ini kenapa sih semua pada maen Pokemon Go?” atau “apa serunya dari Pokemon Go?”. Pokemon Go adalah sebuah game keluaran terbaru dari The Pokemon Company yang berasal dari Jepang (dimana game ini menggunakan konsep yang cukup canggih yaitu augmented reality (monggo digugel aja apa itu augmented reality). Bagi pecinta Pokemon garis keras, hadirnya game Pokemon Go ini bagaikan a dream come true. Kenapa? Karena pemainnya akan merasakan jadi the real Pokemon trainer!

aOvBqrv_700b

9gag.com

Saya termasuk pecinta Pokemon garis keras sejak SD, namun untuk anime-nya, bukan game-nya. Sejak SD? Yup, Pokemon ini sudah hadir sejak saya masih suka main layangan. Hihi. Buat saya, Pokemon adalah sebuah kartun yang bisa membawa penontonnya memiliki ikatan batin dengan Pokemon. Film-filmnya emosional banget, tidak jarang saya suka nangis karena nonton Pokemon, hihi *ini serius loh*. Saking emosionalnya, tidak sedikit fans Pokemon berharap kalau Pokemon itu  real atau benar-benar ada, bahkan kita bisa benar-benar menjadi seorang Pokemon Trainer, seperti Ash Ketchum!

Thank God I was living in an era where the 1st generation of Pokemon launched. Pokemon adalah kartun yang akan selalu dikenang sampai saya punya cucu, bahkan waktu saya di Jerman, saya suka streaming Pokemon series untuk melepas rasa kangen. Hihihi.

Qf9SNmS

http://wallpapercave.com/

Buat yang baru kenal dengan Pokemon atau yang baru mulai main Pokemon Go, tanpa tahu Pokemon itu apa sih sebenarnya. Dunia Pokemon itu sangat luas, saya sendiri hanya familiar dengan generasi pertama, generasi-generasi berikutnya saya tidak begitu hafal saking banyaknya. Hehe. Saya mengenal Pokemon pertama kali melalui film-nya, bukan dari game-nya. Saya paham betul kalau saya mengenal game-nya, saya akan jadi game addict sampai detik ini. Hihi. Postingan ini ingin saya share sambil bernostalgia kembali kenangan saya bersama Pokemon. Saya memang bukan fans garis keras Pokemon, tapi saya akui I’m Pokemon Lover! Nah, Kenali dulu yuk apa itu Pokemon!

  1. Pokemon merupakan sebuah singkatan dalam bahasa Jepang.

Diciptakan oleh orang Jepang bernama Satoshi Tajiri pada tahun 1990an, Pokemon itu singkatan dari Poketto  (Pocket) dan Monsutta (Monster) yang berasal dari Katakana dalam bahasa Jepang. Monster yang sebenarnya sih hewan fiksi yang bisa disimpan dalam Pokeball. Pokemon adalah sebuah kisah fiksi inti ceritanya adalah manusia sebagai Pokemon Trainer yang berusaha menangkap dan melatih  Pokemon serta bertanding antar Pokemon.

English_Pokémon_logo.svg

en.wikipedia.org

 

  1. Sang Creator adalah seorang Entomologist wannabe yang gagal

Ini bagian jeniusnya dari hadirnya Pokemon. Satoshi, sang  creator merupakan seorang yang bercita-cita sebagai entomologist (Ilmuwan serangga) memiliki hobi insect collecting sejak kecil. Ide Pokemon ini muncul dari hobinya yang mengumpulkan serangga, dia melihat perkembangan perkotaan di Japan telah membuat jumlah habitat alam berkurang, sehingga imbasnya adalah minat anak-anak untuk melakukan aktivitas outdoor berkurang, seperti menangkap serangga. Gagal menjadi  entomologist, dia beralih profesi menjadi seorang video game designer, dan terciptalah Pokemon. Dia berharap Pokemon ini bisa menciptakan feeling kepada anak-anak dalam menangkap serangga dan hewan lainnya. Cool!

newsmedia_2s6_satoshi_tajiri

Satoshi Tajiri

  1. Ada dua versi Pokemon : Jepang dan Amerika

Pokemon ini aslinya diciptakan di Jepang, namun akhirnya dibuat juga American version dengan menggunakan bahasa Inggris. Kedua versi ini memiliki penamaan karakter manusia dan spesies Pokemon-nya, meski ada beberapa nama yang sama di kedua versi, seperti Pikachu.

fly-on-a-pokemon-jet-feature

infinitelegroom.com

  1. Tokoh utama Pokemon

Ada tiga tokoh fiksi (manusia) utama dalam Pokemon, yaitu Ash Ketchum, Misty, dan Brock. Untuk versi Jepang-nya, Ash bernama Satoshi, Misty bernama Kasumi, dan Brock bernama Takeshi. Fokus utama dalam film Pokemon adalah Ash Ketchum, bocah lelaki dari kota Palet yang ingin menjadi seorang Pokemon Master. Ash berpertualang dari kota ke kota bersama Pokemon pertamanya yang menjadi ikon dalam film, Pikachu, serta teman-teman yang ditemuinya dalam perjalanan, Misty dan Brock. Konon, Ash (Satoshi) merupakan representasi dari Satoshi, si creator saat kecil yang sangat bersemangat menangkap serangga.

Ash_and_Friends

Misty, Ash Ketchum, Pikachu, Brock

poohadventures.wikia.com

  1. Spesies Pokemon yang terus bertambah dari generasi ke generasi

Di Generasi Pertama Pokemon, ada 151 spesies Pokemon yang beredar di dunia Pokemon. Saya Berganti generasi baik pada film seri maupun gamenya, spesies Pokemon terus bertambah hingga 721 spesies, baik jenis baru maupun hasil evolusi. Saya sendiri masih hafal 151 spesies Pokemon pertama, namun setelahya sudah engga hafal lagi. Hehe. Game-nya pun ikut berkembang, mulai dari Pokemon Gold and Silver, pokemon Crystal, Pokemon Ruby, hingga Pokemon Sun and Moon (generasi ke-tujuh).

 

89f42fdb-9b98-4f13-9d87-37f07417a5ef

http://cdn.playbuzz.com/

 

  1. Tipe-tipe Pokemon

Pokemon ini banyak menggunakan analogi dalam ilmu Biologi. Di Ilmu Biologi, kita mungkin mengenal pembagian makhluk hidup: Tanaman (Plantae), Hewan (Animalia), Jamur (Fungi), Monera, dll. Pokemon pun memiliki tipe-tipe sesuai dengan karakter fisik si Pokemon, misalnya tipe Grass (tanaman) seperti Bulbasaur, tipe Serangga seperti Butterfree, tipe Listrik seperti Pikachu, tipe Flying seperti Spearow, dan masih banyak lagi (lihat tipe pokemon disini http://bulbapedia.bulbagarden.net/wiki/Type ). Seiring dengan bertambahnya spesies, tipe Pokemon juga ikut bertambah.

awKZYMW_700b

  1. Kota-kota fiksi dalam Pokemon

Ini salah satu bagian yang saya suka setiap kali nonton film: mengenal kota-kota fiksi dalam Pokemon. Karena setiap kali Ash, si tokoh mendatangi kota baru, maka dia akan bertanding Pokemon dengan Gym Leader dari kota itu untuk mendapatkan Pokemon Badge. Setiap kota dalam Pokemon mewakili satu tipe dari Pokemon dan memiliki satu Gym (arena bertanding Pokemon). Misalnya, Cerulean City yang mewakili Pokemon tipe Air, Pewter City yang mewakili pokemon tipe Batu, Vermilion City yang mewakili Pokemon tipe Listrik, dan lain-lain. Misty berasal dari Cerulean City sehingga dia punya banyak Pokemon Air, sedangkan Brock adalah Gym Leader dari Pewter City.  Kota-kota dalam Pokemon inilah yang membuat film seri jadi lebih seru!

AtWZoTB

Viridian City

www.opbforums.com

  1. Evolusi dalam Pokemon

Hah, evolusi? Yup, ada istilah evolusi dalam dunia Pokemon. Sama halnya dengan hewan yang umumnya tumbuh kembang atau melakukan metamorfosis, setiap spesies Pokemon juga mengalami perubahan dengan cara berevolusi. Setiap Pokemon bisa berevolusi satu atau dua kali. Misalnya, Charmander, pokemon Api, bisa berubah dua kali, pertama-tama menjadi Charmeleon, lalu jadi Charizard. Bagaimana cara berevolusi? Caranya menggunakan Pokemon Stone Evolution!

pokemon evolution

4.bp.blogspot.com

  1. Benda-benda Pokemon : Pokedex, Pokeball,Pokemon Badge, Pokemon Stone Evolution.

Ada beberapa istilah benda dalam dunia Pokemon.

  • Pokedex : sebuah electronic device berbentuk kalkulator yang digunakan untuk memberi informasi tentang Pokemon yang ditemukan oleh sang Pokemon Trainer.
  • download
  • pt-br.pokepediabr.wikia.com
  • Pokeball : sebuah bola berwarna Merah dan Putih yang digunakan untuk menyimpan Pokemon.Pokeballyoutubepoop.wikia.com
  • Pokemon Badge : Lencana yang akan didapatkan Pokemon Trainer apabila dia memenangi kompetisi Pokemon dengan Gym Leader. Gym Leader akan memberikan Pokemon badge dengan simbol unik.images (1)
  • wiki.pokemonvoyage.com
  • Pokemon Stone Evolution : Batu sakti yang digunakan untuk evolusi Pokemon. Batu evolusi ini juga memiliki tipe berbeda sesuai dengan tipe Pokemon, ada batu Petir, batu Air, batu Daun, dan lain-lain. Saya ingat di episode 5 season 1, Ash Ketchum ditawari Thunderstone agar Pikachu miliknya melakukan evolusi menjadi Raichu, namun Pikachu menolak untuk berevolusi.

971406_orig

pixelmonhelp.weebly.com

  1. Pokemon Langka

Yup, pokemon juga punya spesies langka, hihi. Kalau di dunia real, kita mengenal Dinosaurus (meski keberadaannya juga masih kontroversial). Ada spesies langka Pokemon yang sudah dianggap punah, seperti Aerodactyl, Mew, Kabuto, Zapdos, Moltres, dll. Di game Pokemon Go yang baru ini, pokemon langka diletakkan di tempat-tempat tertentu dan masih dirahasiakan (meski saya dengar sudah ada bocorannya, hihi). Menangkap Pokemon Langka menjadi level yang cukup tinggi dalam bermain Pokemon Go.  Pokemon langka seperti New juga sempat diangkat ke versi layar lebar dengan judul “Pokemon The First Movie : Mewtwo Strikes Back”. Saya inget banget nonton film ini waktu SD, saya nangis bombay! Hihi.

download

stuffpoint.com

  1. Pokemon Original Anthem + Poke Rap

“ .. I want to the very best , no one like ever was.. Pokemon! Gotta catch ‘em all! …“

Pokemon juga punya lagu kebangsaan loh, dan pasti fans Pokemon bisa nyanyiin, hihi. Diputar setiap film mau dimulai, lalu diakhiri dengan Poke Rap, lagu rap yang berisikan 151 spesies Pokemon. Dengar rap-nya disini : https://www.youtube.com/watch?v=xMk8wuw7nek

Waktu masih intens nonton Pokemon, saya bisa hafal jenis Pokemon dari lagu rap ini, hihi. Lagu- nya catchy banget!

 

  1. Game Pokemon Go : Belajar menjadi Pokemon Master

Game Pokemon sudah ada dengan beragam jenis, mulai dari Game Boy, Trading Card, Nintendo, hingga muncul versi Augmented reality, Pokemon Go. Game Pokemon Go ini bisa dibilang sebuah impian yang terwujud bagi para pecinta Pokemon, karena mereka bisa mengambil peran sebagai Pokemon Trainer dalam menangkap Pokemon dengan cara yang lebih real, meski sayangnya belum ada Pokeball yang asli (who knows someday?).

pokemon-go-nick_statt-screenshots-2.0

www.theverge.com

Gimana, seru kan? Kalau ditelusuri asal-usulnya, Pokemon ini anime fiksi yang sangat amazing buat saya, makanya cukup eksis dari masa ke masa dan tentu followernya banyak banget. Ditambah hadirnya game Pokemon Go tahun ini, para pecinta Pokemon sejak jaman dahulu maupun new comer diajak kembali untuk menikmati keseruan menjadi Pokemon Trainer di halaman rumah sekitar kita. Salut banget sama creator-nya, bahkan menurut info teman saya, Pokemon banyak ditemukan di dekat masjid, haha. Semoga  pemain Pokemon Go engga Cuma rajin ke masjid  utamanya untuk ibadah dulu, baru habis itu nangkep Pokemon,  *atau mungkin saja sebentar lagi game ini ramai dicekal oleh kelompok tertentu karena menyalahgunakan fungsi tempat ibadah*

Selamat hunting Pokemon! Gonna catch ‘em all!

PS. Don’t forget to use your time wisely when playing Pokemon! :p

 avn7PGX_700b